Melayani, Service AC, Cuci AC, Pasang AC, Bongkar AC, Perbaikan AC, Bongkar Pasang AC, Penambahan Dan Isi Freon, Pengecekan AC Wilayah, Area, Daerah, Lokasi, Jakarta Timur Dan Sekitarnya
Melayani, Service AC Wilayah Jakarta Timur, Cuci AC Wilayah Jakarta Timur, Pasang AC Wilayah Jakarta Timur, Bongkar AC Wilayah Jakarta Timur, Perbaikan AC Wilayah Jakarta Timur, Penambahan Dan isi Ulang Freon Wilayah Jakarta Timur, Pengecekan AC Wilayah Jakarta Timur      
order via telepon
service ac Jakarta Pusat

Costumer Service : 082199633537
Whatsaap : 082199633537

Home » » KULKAS DUA PINTU BAGIAN BAWAH TIDAK DINGIN

KULKAS DUA PINTU BAGIAN BAWAH TIDAK DINGIN

KULKAS DUA PINTU BAGIAN BAWAH TIDAK DINGIN

Kulkas 2 pintu bagian atas dingin bagian bawah tidak, ini adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada kulkas jenis no frost / tanpa bunga es dari pada kerusakan seperti tidak dingin sama sekali atau bocor freon yang sering terjadi pada kulkas 1 pintu yang masih menerapkan sistem dirrect cooling.

Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang penyebab dan penanganan kerusakan seperti ini, saya ingin menjelaskan sedikit  perbedaan cara kerja kulkas 1pintu dan kulkas 2pintu

kulkas 1 pintu : rambatan suhu terjadi dari benda ke benda, artinga jka ada benda dingin menempel dengan benda tidak dingin, maka benda tidak dingin tersebut akan menjadi dingin.

kulkas 2 pintu : rambatan suhu terjadi karena ada sirkulasi udara, artinya  benda dingin tidak menempel pada benda yang tidak dingin tapi karena ada sirkulasi udara yang menghubungkan keduanya dalam ruangan yang tertutup maka benda tidak dingin tersebut akan ikut menjadi dingin.

kira kira seperti itu bahasa gampangnya.

Penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin? dan bagaimana cara memperbaikinya?


postingan saya kali ini akan menjelaskan tentang tutorial perbaikan kelistrikan pada kulkas 2 pintu yang meliputi penggantian timmer dan bimetal defros.
1. Pintu pada bagian bawah kurang rapat.
 a. Seringnya anda menaruh beban berat pada bagain pintu sehingga bodi bawah pintu anjlok.
 b. Karet pintu sudah tidak elestis karna usia kulkas yang sudah tua.
 c. Pintu kulkas bagian bawah kropos.

Solusi :
Jagalah selalu kebersihan kulkas dan hindari menaruh beban berat seperti botol minuman pada bagian pintu kulkas.
2. Saluran pembuangan air buntu atau kurang lancar.

Mungkin banyak dari anda yang tidak tahu kalau  saluran pembuangan yang tidak lancar saja bisa menyebabkan kulkas 2 pintu tidak dingin,
Saat waktu defrost (pencairan bunga es). Bunga es yang ada di dalam evaporator akan meleleh menjadi air ( sudah tidak beku lagi ) dan mengalir turun ke saluran pembungan air sampai waktu defrost selesai, apabila saluran pembuangan buntu atau kurang lancar air tidak akan habis terbuang sehingga masih tetap tergenanag pada tandon evaporator dan pada saat waktu defrost sudah selesai proses pendinginan dimulai (kompresor jalan) air yang tergenang tadi akan membeku lagi dan lama lama akan menumpuk sehingga menutupi kisi kisi evaporator yang menyebabkan saluran angin tersumbat oleh bunga es. Inilah yang menyebabkan bagian bawah kulkas  tidak bisa dingin karna saluran angin tertutup bunga es di evaporator.

Solusi :
Siram dengan selang air pada bagian evaporator sampai saluran pembungan air betut betul lancar
(bisa dilihat di tutorial video).
Menjaga kebersihkan kulkas adalah salah satu cara agar kulkas bisa awet tidak rusak.

3. Ada satu atau beberapa spare part yang rusak seperti: Fan, timmer, bimetal defrost, fuse, heater

Fungsi spare part dan cara pengecekannya adalah sebagai berikut :

Fan/kipas
Fan berfungsi  mensirkulkasikan udara di dalam kulkas ,udara di hisap dan dilewatakan ke evaporator kemudian di keluarkan, siklus ini akan berjalan terus menerus pada saat proses pendinginan (kompresor jalan)  dan berhenti saat waktu defrost (pencairan bunga es).
Fan ini juga berhenti pada saat pintu kulkas terbuka dan akan berputar lagi saat pintu kulkas tertutup
(hanya pada sebagian merek).

Cara pengecekan dengan membuka  bagian atas (bisa dilihat di tutorial video).
# putar daun kipas apakah seret atau tidak
# beri listrik langsung 220 volt pada 2 kabel fan tersebut
# apabila semuanya normal maka kerusakan bisa terjadi pada door switch (saklar pintu) yang terletak dekat pintu bagian kanan atau ada benda yang menonjol yang pada saat pintu di tutup akan mengenainya (door switch tersebut). tapi apabila  fan yang rusak anda bisa membelinya di toko yang jual spare part dengan membawa contohnya, karna jenis dari fan ini banyak macamnya.

Timmer defrost


Timmer berfungsi mengatur berapa lama waktu proses pendinginan (kompresor jalan)  dan berapa lama waktu proses defrost (pencairan bunga es).

Berdasar sistem kelistrikan timmer dibagi menjadi 2 :
 a. Timmer 1-3 artinya  coil (power supply) pada timmer ini adalah nomer 1dan 3
 b. Timmer 1-4 artinya  coil (power supply) pada timmer ini adalah nomer 1dan 4

Cara kerja timmer 1-3 :
Pada saat proses pendingin baru di mulai (kulkas baru dinyalakan) timmer ini langsung bekerja (berputar)  dan saat waktu defrost tercapai kira kira 8 jam setelahnya maka kompresor akan berhenti, Apabila suhu di dalam evaporator di bawah 5 drajat  bimetal defrost akan menutup (sambung) maka timer ini ini akan berhenti berputar dan heater akan bekerja,  kemudian setelah suhu naik di atas 5 drajat timmer akan berputar lagi TAPI kompresor masih berhenti sampai waktu timmer berpindah kontak dan kompresor jalan kembali.
Apabila suhu di dalam evaporator di atas 5 drajat bimetal defrost tetap membuka (tidak sambung) maka timmer ini akan tetap berputar sampai waktu timmer berpindah kontak dan kompresor jalan kembali.

Cara kerja timmer 1-4 :
Pada saat proses pendingin baru di mulai (kulkas baru dinyalakan) timmer ini tidak langsung bekerja (tidak berputar)  timmer ini akan berputar apabila suhu di dalam evaporator sudah di bawah 5 drajat (bimetal defros sudah sambung) dan saat waktu defrost tercapai kira kira 8 jam setelahnya maka kompresor akan berhenti,
Apabila suhu di dalam evaporator di bawah 5 drajat  bimetal defrost akan menutup (sambung) maka timer ini ini akan berhenti berputar dan heater akan bekerja,  kemudian setelah suhu naik di atas 5 drajat timmer akan berputar lagi TAPI kompresor masih berhenti sampai waktu timmer berpindah kontak dan kompresor bekerja kembali.
Apabila suhu di dalam evaporator di atas 5 drajat bimetal defrost tetap membuka (tidak sambung) maka timmer ini akan tetap berputar sampai waktu timmer berpindah kontak dan kompresor jalan kembali.
Timmer 1-4 ini hanya di pakai pada merek sharp.

Cara pengecekan : beri listrik 220 volt pada coil  dan posisikan timmer di defrost (ada tanda panah pada putaranya) rasakan ada getaranya dan lihat apakah roda giginya berputar, tunggu sampai 45 menit apabila timmer masih normal maka akan berpindah kontak listriknya.

Kesimpulan (timmer):
Lama waktu proses pendinginan (kompresor jalan) adalah tergantung pada bawaan timmer kulkas.
Lama waktu defrost (pencairan bunga es) adalah tergantung pada banyaknya banyaknya bloking es di dalam evaporator. semakin banyak bunga es di dalam evaporator maka akan semakin lama pula waktu defrost.
Bimetal defrost


Bimetal defrost berfungsi membaca suhu di dalam evaporator, apabila  suhu  di bawah -5 drajat dan saat  timmer di posisi defrost heater baru bisa nyala.
Cara pengecekan : dilihat tampak fisik apabila sudah ada air yang mesuk di dalamnya maka bisa di kategorikan rusak
Fuse (pengaman)


Fuse berfungsi mengamankan heater agar tidak sampai melelehkan bodi bagian dalam kulkas, ini bisa terjadi apabila bimetal defros tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Heater (pemanas)
Heater berfungsi mencairkan bunga es yang ada di evaporator.
Cara pengecekan : Apabila timmer masih bisa berputar maka heater dalam kondisi baik,karna rangkaian kelistrikan heater dengan timmer adalah di seri.

Berikut wearing diagram kelistrikan timmer 1-4



Demikian artikel tentang : Kulkas 2 pintu atas dingin bawah tidak sharp SJ-310M-BL
Semoga bermanfaat.